Awali Perkuliahan Semester Kedua, SPI Fatahillah Bahas Sekularisme

Processed with VSCO with m5 preset

Islamedia – Rabu (11/01/17) kemarin Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Fatahillah Angkatan ke-5 memulai perkuliahannya di semester kedua. Perkuliahan yang dulunya diadakan di Kantor Suara Islam telah dipindahkan ke lokasi baru, yaitu kantor INSISTS yang tidak jauh dari tempat lama.

Perkuliahan SPI sejak angkatan pertama hampir selalu diadakan di kantor INSISTS, namun karena penuhnya jadwal kegiatan dan dibarengi dengan proses renovasi, perkuliahan SPI Angkatan ke-5 dipindahkan ke kantor Suara Islam selama satu semester. Dengan selesainya renovasi, perkuliahan semester ini kembali diadakan di kantor INSISTS dengan suasana baru.

Kuliah pertama diisi langsung oleh Kepala Sekolah SPI Pusat, Akmal Sjafril, dengan tema “Sekularisme”. Dalam pembukaannya, Akmal menjelaskan karakter perkuliahan semester kedua ini. “Jika di semester pertama kita lebih banyak membahas topik-topik internal terkait konsep dan pemahaman keislaman, maka di semester kedua ini akan lebih banyak membahas topik-topik eksternal,” ujar Akmal.

Topik-topik eksternal yang dimaksud Akmal antara lain berkaitan dengan model-model propaganda dan serangan pemikiran yang sering dialamatkan kepada Islam di zaman ini. Dengan mempelajari topik-topik ini, diharapkan para peserta memiliki landasan pemahaman yang baik untuk membendung arus-arus serangan dan propaganda tersebut.

Ini bagus sekali untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap manuver-manuver ideologi yang mencoba merusak sendi-sendi keislaman,” ujar Afiq, salah satu peserta SPI Angkatan ke-5. [muamar/islamedia/abe]

Related Posts

Facebook Comments

You may also like

Nativisasi dan Politik Budaya Kolonial

Islamedia – Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Fatahillah kembali menggelar perkuliahan