Persatuan Ulama Internasional Sebut Upaya Kudeta di Turki Adalah Tindakan Haram

Islamedia¬†–¬†Persatuan Cendikiawan Muslim Internasional (IUMS) yang bermarkas di Qatar mengatakan upaya kudeta yang terjadi di Turki pekan lalu yang dilakukan oleh oknum-oknum militer Turki untuk menggulingkan pemerintah terpilih merupakan tindakan Haram.

Dilansir Anadolu Agency, melalui siaran pers di Istanbul, IUMS juga mengatakan kudeta yang terjadi di Mesir dan Yaman belakangan ini adalah haram.

Sekretaris Jenderal IUMS Ali al-Qaradaghi memuji rakyat dan pemerintahan Turki yang melawan upaya kudeta, yang diyakini dilakukan oleh pengikut Fethullah Gulen.

Gulen dan pengikutnya dituduh berusaha menyusup lembaga negara penting Turki – terutama militer, aparat kepolisian dan peradilan – dengan tujuan menciptakan sebuah “negara paralel “.

Al-Qaradaghi juga memuji partai politik Turki yang bersama pemerintaj dan institusi negara lainnya memainkan peran mereka dalam menjaga otoritas legitimasi negara dari upaya kudeta.

IUMS, yang memiliki lebih dari 100.000 anggota di seluruh dunia, juga mengkritisi sikap standar ganda yang ditunjukkan oleh negara-negara tertentu, yang telah menyeret kaki mereka mengutuk kudeta sebelum bergegas untuk mengkritik respon Turki atas pemberontakan gagal.

Setidaknya 246 orang, termasuk sipil dan aparat keamanan, gugur dan 1.500 lainnya terluka selama upaya kudeta berlangsung. [islamedia/abe]

Facebook Comments

You may also like

Pria Bersenjata Serang Diskotik di Turki, 35 Orang Meninggal Dunia

Islamedia – Sebuah diskotik di Ortakoy Turki mendapat