Sinabung Kembali Erupsi Disertai Awan Panas, Sejumlah Warga Meninggal

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus. Letusan tersebut disertai luncuran awan panas pada Sabtu sore (21/5) sekitar pukul 16.48 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, jumlah korban mencapai 9 orang. 6 orang meninggal dunia dan 3 lainnya kritis dengan luka bakar akibat terkena awan panas.

Para korban merupakan warga Desa Gamber Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo yang berada di zona merah.

Desa tersebut derada pada radius 4,5 kilometer. Seharusnya, lokasi itu sudah steril dan tidak boleh ada aktivitas masyarakat di lokasi itu.

Lokasi awan panas itu 4,5 kilometer, yang mana direkomendasikan untuk zona merah,” kata Kepala Bidang Darurat BPBD Kabupaten Karo, Nata Nail, Sabtu (21/5).

Oleh karena itu pihak Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, telah menetapkan jarak aman dengan radius tujuh kilometer dari puncak Sinabung.

Sekarang radius bahaya yang harus dievakuasi adalah 7 kilometer dari puncak Sinabung,” imbuhnya.

Saat ini korban kritis tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Semua korban berada di RS. Efarina Etaham Kabanjahe,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Lebih lanjut ia mengatakan, Tim SAR gabungan terus mencari korban lain dengan menyisir rumah dan kebun masyarakat. Tidak diketahui secara pasti berapa banyak masyarakat yang berada di Desa Gamber saat kejadian luncuran awan panas itu. [islamedia/abe]

Facebook Comments

You may also like