Umat Islam Dihimbau Dirikan Salat Sunah Kusuf Saat Terjadi Gerhana Matahari Total Nanti

Umat Islam di Sumsel dihimbau untuk mendirikan salat sunah gerhana atau kusuf pada saat terjadinya fenomena alam gerhana matahari total (GMT) yang jatuh pada 9 Maret mendatang, demikian disampaikan Kanwil Kementerian Agama (Kanwil) Sumsel.

Kasubag Inmas Kanwil Kemenag Sumsel Saefuddin Latief mengungkapkan, respon pengurus masjid cukup tinggi untuk melaksanakan salat sunah gerhana. Pelaksanaan salat tersebut tidak digelar di satu tempat melainkan di masjid-masjid. Sejumlah masjid di Palembang, seperti Masjid Agung, Masjid Takwa, dan beberapa masjid besar lain sudah mengkonfirmasi untuk menggelar salat gerhana matahari.

“Respons pengurus masjid cukup besar, mereka akan menggelar salat gerhana di pagi hari saat gerhana nanti,” ujar Saefuddin, Rabu (2/3).

Dilansir oleh Merdeka, beberapa hari yang lalu, Saefuddin mendapat informasi dari pengurus dari puluhan pondok pesantren untuk melaksanakan kegiatan serupa. Mereka akan menyiapkan tempat yang mampu menampung banyak jemaah, termasuk warga sekitar.

“Totalnya saya belum dapat kabar, tapi mencapai puluhan ponpes,” ungkapnya.

Saefuddin mengatakan agar pada saat GMT berlangsung, warga tidak hanya menyaksikan saja, kecuali untuk kepentingan dokumentasi dan penelitian, namun lebih baik, diisi dengan salat bagi umat Islam.

“Mau lihat juga silakan, karena jarang ada, tapi kami himbau sebaiknya melaksanakan salat gerhana. Kita bersyukur bisa menjumpai gerhana ini,” himbaunya. [merdeka/islamedia]

Facebook Comments

You may also like