Survey: Mayoritas Pria Muda Mengaku Mau dan Siap Menikahi Janda dan Perawan Tua

Islamedia – Kabar gembira bagi para muslimah yang telah cukup lama mendamba-damba datangnya kekasih hati untuk meminang mereka. Menurut hasil survey, sebanyak 77,3 persen pria muslim muda memiliki keinginan untuk menikahi perempuan yang sudah bercerai, sebanyak 67,2 persen pria muslim muda mengaku siap untuk mengikat tali kasih mitsaqan ghalidza dengan janda pada umumnya.

Tak hanya itu, sebanyak 74,6 persen pria muslim muda juga mengaku tidak masalah untuk menikahi perempuan yang terpaut usia jauh dengan mereka.

Menanggapi hasil survey tersebut, Abdullah bin Muhammad Matbuli, seorang anggota senior di lembaga konseling keluarga, mengatakan bahwa masih ada perspektif keliru di tengah sebagian  masyarakat hari ini mengenai perempuan yang mengalami perceraian atau janda.

Ia menekankan bahwa pandangan miring atas janda dan perawan tua itu tidaklah sejalan dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Ia juga menggarisbawahi bahwa janda dan perawan tua tetaplah wajib dihormati dan berhak memperoleh semua hak hukum, hak kemanusiaan, dan hak-hak sosialnya.

Abdullah juga menerangkan bahwa banyak pria muda muslim masa kini sudah memiliki pemahaman objektif yang benar. Kondisi itu menurutnya berkat pendidikan dan meningkatnya kesadaran. Adapun sebagian kecil dari mereka masih menganut pandangan negatif terhadap janda dan perawan tua, karena efek budaya setempat. Demikian Abdullah menjelaskan.

“Sudah menjadi tanggung jawab masyarakat untuk melindungi segenap kaum hawa, dengan memberi mereka kesempatan untuk memulai hidup baru,” kata Abdullah .

Survey itu sendiri dilakukan oleh lembaga Masyarakat Peduli Pernikahan dan Konseling Keluarga yang berbasis di Jeddah, Arab Saudi, seperti dilansir Arab News pada Jumat (5/2/2016) pekan lalu. (ismed/arabnews)

Facebook Comments

You may also like

Pernah Hutang Riba 2,1 Miliyar, Inilah 8 Langkah Cara Melunasinya

Islamedia –¬†Pengusaha sukses asal Yogyakarta bernama Saptuari Sugiharto