Komnas HAM Membisu Melihat Umat Islam Papua Dilarang Membangun Masjid

Komnas HAM Membisu Melihat Umat Islam Dilarang Membangun Masjid di Papua

Islamedia – Suara nyaring Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tidak terdengar ketika adanya kejadian pelanggaran HAM berupa penolakan pembangunan masjid oleh Persatuan Gereja Gereja Jayawijaya (PGGJ) Papua.

Hingga saat ini ahad 28 Februari 2016, belum ada pernyataan sikap dan upaya pembelaan dari pihak Komnas HAM terkait larangan pembangunan Masjid Baiturahman di Wamena Papua. Dominasi gereja di Papua sangat kuat sehingga dapat menekan umat Islam untuk menghentikan pembangunan masjid.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya PGGJ mengeluarkan 9 pernyataan sikap penolakan pembangunan Masjid Baiturahman Wamena Papua. (baca : Persekutuan Gereja Menolak Pembangunan Masjid di Wamena Papua).

Tindakan intoleran pihak gereja yang menekan pemerintah setempat juga terlihat di Manokwari. Secara sepihak Bupati Manokwari, Bastian Salabi mengeluarkan Surat Keputusan bernomor 450/456 tertanggal I November 2015, yang berisi larangan dan peghentian pembangunan Masjid “Rahmatan lil Alamin”. Surat Keputusan Bupati ini sekaligus melarang pembangunan Masjid lainya diwilayah Manokwari (baca : Bupati Bastian Salabi Resmi Larang Pembangunan Masjid di Manokwari). [islamedia/mh]

Facebook Comments

You may also like

118 Terduga Teroris Ditembak Mati Tanpa Proses, Komnas HAM: Densus 88 Berlebihan

Tindakan pemeriksaan Detasemen Khusus 88 Mabes Polri terhadap