Desak Israel Akhiri Blokade Gaza, Normalisasi Turki dan Israel Capai Tahap Akhir

Pembicaraan Turki dengan Israel untuk mengakhiri blokade Jalur Gaza yang sudah berlangsung selama sembilan tahun menunjukkan kemajuan, demikian dikatakan Wakil Ketua Biro Politik Hamas, Ismail Haniya.

Tujuan pembicaraan Turki dengan Israel tersebut untuk mempercepat rencana pembangunan Gaza dan pelabuhan untuk kota itu, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (19/2/2016).

Meski Haniya tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait hal ini. Namun, seorang pejabat senior Turki telah mengumumkan dua hari lalu bahwa pembicaraan tentang normalisasi hubungan antara Turki dengan Israel telah mencapai tahap akhir.

Dikutip dari Sindo News, radio Public Israel melaporkan bahwa kedua negara sudah sangat dekat untuk menandatangani kesepakatan tentang semua masalah kedua belah pihak setelah berunding dan berdiskusi.

Turki meminta Israel untuk mengakhiri blokade terhadap Jalur Gaza sebagai salah satu syarat normalisasi politik dan ekonomi keduanya. Israel memblokade Jalur Gaza pada tahun 2007, setelah Hamas pengambilalihan kekerasan dari daerah kantong pantai. [sindonews/islamedia]

Facebook Comments

You may also like

Pria Bersenjata Serang Diskotik di Turki, 35 Orang Meninggal Dunia

Islamedia – Sebuah diskotik di Ortakoy Turki mendapat