Cucu Nelson Mandela Menikah Memakai Tradisi Islam, Sudah Jadi Mualaf?

Cucu Nelson Mandela

Islamedia – Cucu lelaki mantan presiden Afrika Selatan mendiang Nelson Mandela, beberapa hari lalu telah melangsungkan pernikahan memakai tradisi Islam. Demikian diberitakan kantor berita Turki Anadolu Agency pada Selasa (9/2/2016).

Nkosi Zwelivelile “Mandla” Mandela menikahi kekasih hatinya, Rabia Clarke, di kota Cape Town.

“Saya merasa terhormat dan bahagia untuk mengumumkan pernikahan saya dengan Rabia Clarke, di Cape Town, pada 6 Februari 2016. Saya menghaturkan kesyukuran dan terima kasih dari hati terdalam kepada kedua orangtua Rabia, segenap keluarga kerabatnya, dan komunitas muslim, karena telah menerima saya di hati mereka,” papar Mandla dalam pernyataan yang disiarkan pada Ahad malam.

Pemimpin muslim berpengaruh, Syeikh Ebrahim Gabriels, yang bertindak selaku penghulu, memberikan informasi kepada Anadolu bahwa Mandal telah masuk Islam sejak dua bulan lalu.

Mandla kini mengemban amanah sebagai pemimpin tradisional etnik Xhosa untuk daerah Mvezo, tempat kelahiran Nelson Mandela. Sementara itu, Rabia Clarke berasal dari keluarga muslim di kawasan selatan Cape Town.

“Meskipun Rabia dan saya dibesarkan dalam tradisi budaya dan agama yang berbeda, tetapi bersatunya kami merefleksikan persamaan kami: kami sama-sama warga Afrika Selatan,” kata Mandla.

Pegawai hotel sendiri disumpah untuk menjaga rahasia dan tidak diizinkan untuk bicara seputar pernikahan tersebut. Sedikit sekali informasi yang dapat diketahui seputar mempelai wanita.

Pada tahun 2013, perselisihan dalam keluarga besar Nelson Mandela mencuat ke permukaan hanya sebulan sebelum kematian Mandela. Sengketa itu mengarah ke pertanyaan soal legitimasi kepemimpinan yang dimiliki Mandla selaku calon penerus kepala klan Mandela.

Mandla sendiri sudah menikah sebanyak 3 kali. Pada tahun 2004, ia menikahi Tando Mabuna-Mandela dalam suatu upacara biasa.

Ia masih tercatat resmi sebagai suami Tando dan sedang dalam proses cerai berkepanjangan karena persoalan harta gono-gini.

Pada tahun 2010, ia menikahi Anais Grimaud dalam sebuah upacara tradisional. Tiga tahun kemudian, ia memandang istrinya telah berselingkuh dengan adiknya, Mbuso Mandela, hingga pernikahan itupun dibatalkan.

Pernikahan ketiga Mandla ialah dengan Mbali Makhathini yang juga telah dibatalkan oleh pengadilan pada tahun 2014. (ismed/memo)

Facebook Comments

You may also like

Ahmad Heryawan Bacakan Puisi Kemanusiaan untuk Aleppo di Pusat Perfilman Usmar Ismail

Islamedia – Ketua Majelis Syuro Persatuan Umat Islam (PUI)