HNW : Pemulangan Eks Pengikut Gafatar Tanpa Meluruskan Ideologi Mereka Tidak Akan Jadi Solusi

Menanggapi pengungsian eks pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dikarenakan penolakan penduduk setempat atas keberadaan mereka, Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid mengatakan hal tersebut tidak menyelesaikan masalah jika dilakukan tanpa mengoreksi ideologi mereka kepada ideologi yang benar.

“Ada yang melawan terorisme dengan cara teror dan itu tidak menyelesaikan masalah karena justru menimbulkan masalah yang baru. Inilah karenanya saya melihat tentang Gafatar itu mestinya sikap terburu pemerintah untuk segera mengembalikan mereka ke kampung halaman” ungkap Hidayat, Jumat (22/1).

“Dikembalikan ke kampung asalnya tanpa mengoreksi ideologi mereka kepada ideologi yang benar saya khawatir ini justru menyebarkan terorisme dengan cara yang lain,” lanjut Hidayat dalam kesempatan Silatnas Pesantren Alumni Gontor, Tangerang.

Dilansir oleh Merdeka, Hidayat menambahkan, salah satu langkah efektif yang harus dilakukkan untuk mengatasi pemikiran yang tetap radikal dari eks pengikut Gafatar itu, adalah dengan pengajaran kepada Islam yang moderat.

“Diajarkannya Islam yang moderat, perilaku yang moderat, dakwah yang moderat, jargon-jargon yang moderat. Kalau itu kemudian bisa terlaksana efektif maka mereka sesungguhnya bisa mengawal dengan cara yang elegan bukan dengan cara teror yang lain” tambahnya. [merdeka/islamedia]

Facebook Comments

You may also like

Ahok Ngotot Ajukan Yudicial Review UU Pilkada, HNW: Jangan-jangan Ahok Ingin Gunakan Birokrasi dan APBD untuk Kepentingan Kampanye

Islamedia¬†–¬†Menanggapi sikap Basuki Tjahja Purnama (Ahok) yang menolak