Buka Malam Budaya Palestina, Sekjen OKI Iyad Madani Kutip Puisi Penyair Angkatan 45

Buka Malam Budaya Palestina, Sekjen OKI Iyad Madani Kutip Puisi Penyair Angkatan 45

Islamedia – Malam Budaya Palestina resmi dibuka malam ini. Berlangsung di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, acara tersebut diselenggarakan berkat kerjasama Organisasi Konferensi Islam dan Kedutaan Besar Palestina. Tak kurang Sekjen OKI Iyad Madani menghadiri dan memberikan sambutan pembukaannya.

Kita semua terikat kepada Al-Quds Ash-Sharif,” kata Iyad di hadapan hadirin yang memenuhi gedung pementasan berkapasitas 1000 orang itu.

Dalam sambutannya, untuk menggambarkan situasi blokade di bumi Al-Quds, Iyadh mengumpamakan Palestina sebagai Jakarta Pusat. “Anda mengalami kesulitan luar biasa hanya untuk keluar masuk dari Jakarta Pusat. Jika Anda akhirnya bisa keluar dari Jakarta Pusat, misalnya mau menikahi gadis atau laki di luar sana, Anda tak dapat kembali lagi dengan mudah.

Iyadh juga menjelaskan bagaimana ekspresi kebudayaan yang dilakoni seniman Palestina mengakibatkan mereka mempertaruhkan nyawa. “Mereka dibunuh dengan keji oleh Israel hanya karena berekspresi,” ujar Iyadh seraya menyebut nama sejumlah penyair dan kartunis Palestina.

Tampil dengan busana gamis, surban, dan ikat kepala khas Arab Saudi, Iyadh memancing perhatian hadirin dengan mengucapkan “selamat malam” setelah menyampaikan salam.

Tak hanya itu, ia juga mengutip puisi “Aku” karya Chairil Anwar. “Biar peluru menembus kulitku. Aku tetap meradang menerjang. Luka dan bisa kubawa berlari. Berlari.” pekik Iyadh dengan terbata.

Penampilannya tersebut sontak disambut hadirin dengan tepuk tangan.

Ini bukan sekadar musik dan tari, tetapi identitas budaya yang coba dicerabut penjajah,” pungkas Sekjen OKI itu. ((Ismed)

Facebook Comments

You may also like

Menhan Israel Minta Yahudi Perancis Tinggalkan Negaranya dan Pindah ke Israel

Islamedia¬†–¬†Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman meminta warga Yahudi