Militer Israel : Intifadhah Takkan Berakhir

Diberitakan Koran Haaretz Israel terbitan hari Kamis (26/11), seorang pejabat teras di jajaran militer Israel memprediksi bahwa intifadhah takkan berakhir, dan sejumlah operasi perlawanan akan terus terjadi di bulan-bulan berikut.

“Saya tak melihat adanya penurunan perlawanan di bulan-bulan yang akan datang. Saya juga tak tahu, seandainya perlawanan ini terus berkembang dan mengarah pada eskalasi yang lebih luas lagi. “ ujarnya.

Disebutkan bahwa intifadhah kali ini merupakan pase perubahan kemampuan perlawanan di lapangan, bahkan hingga mencapai pada pase penyempurnaan.

Untuk mengurangi aksi perlawanan di Tepi Barat, militer Israel melakukan operasi penggeledahan terhadap mobil-mobil yang melintas, yang kemungkinan dijadikan alat oleh perlawanan untuk menjalankan aksinya. Selain itu, perubahan jalur lalu lintas di persimpangan koloni wilayah permukiman, Ghost Etzion, selain peningkatan penjagaan dan perlindungan di persimpangan Etzion serta di sejumlah terminal mobil.

Dilansir dari info palestina, dikutip dari Haaretz, sejumlah pimpinan militer Zionis sebelum terjadinya intifadhah telah mengajukan sejumlah rekomendasi kepada pemerintah Israel untuk memperkuat pasukan otoritas Palestina disamping sejumlah kemudahan bagi rakyat Palestina. Kemudahan yang dimaksud adalah kemudahan untuk mendapatkan surat izin bekerja bagi warga Palestina atau pembebasan puluhan tawanan yang ditahan di penjara Israel sejak puluhan tahun lalu.

Namun perdana menteri Israel, Benyamin Netanyahu dan sejumlah anggota Knesset menolak semua rekomendasi tersebut. [infopalestina/islamedia]

Facebook Comments

You may also like

Menhan Israel Minta Yahudi Perancis Tinggalkan Negaranya dan Pindah ke Israel

Islamedia – Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman meminta warga Yahudi