HNW : Pejuang Konstitusi Juga Layak Diberi Gelar Pahlawan

Jika selama ini gelar pahlawan hanya diberikan kepada pejuang yang mengangkat senjata untuk merebut kemerdekaan, maka peringatan Hari Pahlawan ke-70 tahun 2015 ini terasa lain. Karena pada peringatan kali ini ditandai dengan penganugerahan gelar pahlawan kepada Ki Bagus Hadikusumo.

Seperti diketahui, Ki bagus Hadikusumo tidak dikenal sebagai sosok pejuang yang mengangkat senjata, namun ia justru lebih dikenal sebagai sosok pejuang konstitusi, sebagai salah satu anggota BPUPKI yang menyiapkan naskah Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia.

Hal itu itu disampaikan oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid MA saat memaparkan pemikirannya pada dialog pilar negara.

Diberitakan rmol, dalam dialog yang berlangsung di Ruang Presentasi Perpustakaan MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/11) tersebut, Hidayat menuturkan Indonesia selayaknya juga memberikan penganugerahan gelar pahlawan kepada R. Kasman Singodimedjo. Karena seperi Ki Bagus, Kasman juga berkontribusi dalam perjuangan penyusunan konstitusi di Indonesia.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun yang akan datang, giliran Kasman Singodimedjo yang mendapat penganugerahan gelar pahlawan,” ujar Hidayat menambahkan.

Politisi senior PKS ini juga berharap penganugerahan gelar pahlawan berikutnya diberikan tidak hanya kepada pejuang yang mengangkat senjata melawan penjajah, tetapi diberika juga kepada tokoh-tokoh dari bidang pengabdian yang lain.

“Ketika kita mengalami darurat asap, darurat narkoba, darurat korupsi hingga darurat kejahatan pedofilia, bukan tidak mungkin akan ada sosok pahlawan yang dianugerahi dari bidang tersebut, meski mereka tidak pernah berharap mendapat gelar pahlawan,” tutupnya. [rmol/islamedia]

Facebook Comments

You may also like

Ahok Ngotot Ajukan Yudicial Review UU Pilkada, HNW: Jangan-jangan Ahok Ingin Gunakan Birokrasi dan APBD untuk Kepentingan Kampanye

Islamedia¬†–¬†Menanggapi sikap Basuki Tjahja Purnama (Ahok) yang menolak