Tolak RPP Pengupahan, Serikat Buruh akan Gelar Aksi Mogok Nasional

Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pengupahanyang tengah dibahas pemerintah mendapat reaksi penolakan dari serikat buruh. Bahkan, awal November nanti mereka akan menggelar aksi mogok nasional untuk menolak pembahasan aturan tersebut.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal menyebutkan jika Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) merugikan buruh. Selain itu, Said ingin agar pemerintah turut melibatkan serikat buruh dalam menetapkan formula pengupahan pekerja.

“Kami ingin berunding tripartit, yaitu pemerintah, serikat buruh, dan pengusaha. Formula mana yang ingin digunakan, supaya pengusaha dan pekerja diuntungkan,” ujarnya, sebagaimana dilansir viva.

Dalam aksi mogok nasional tersebut, buruh menuntut dua hal. Yaitu menolak RPP Pengupahan dan formulasi baru pengupahan, dan akan berlangsung hingga pemerintah memenuhi permintaan buruh.

“Kami akan mogok nasional awal November. Nantinya aksi mogok ini akan diikuti seluruh serikat buruh se-Indonesia, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Kami menolak RPP pengupahan dan formula baru pengupahan,” tutur dia. [vivanews/islamedia]

Facebook Comments

You may also like

Ribuan Buruh Akan Kepung KPK, Desak Ahok Jadi Tersangka

JAKARTA – Desak KPK untuk menetapkan Basuki Tjahaja