Tidak Mampu Tangani Kabut Asap, Jokowi Akhirnya Terima Bantuan Negara Tetangga

Meski terlambat dan jatuh banyak korban kabut asap, setelah sempat menolak bantuan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia untuk menanggulangi kebakaran lahan dan hutan, Jokowi akhirnya bersedia menerima bantuan dari negara-negara tersebut.

Diberitakan viva, Jokowi saat ini sudah siap menerima bantuan dari luar negeri untuk mengatasi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. Permohonan bantuan telah disampaikan Pemerintah Indonesia pada Rabu, 7 Oktober 2015, kepada Singapura, Rusia, Malaysia dan Jepang.

Ia berharap agar bantuan tersebut bisa ikut mempercepat pemadaman api dan penanggulangan asap. Jenis bantuan yang diharapkan Jokowi adalah pesawat water bombing yang memiliki kapasitas besar yang mampu mengangkut air lebih dari 10 ton.

Selain itu, Relawan internasional juga akan bergabung dengan personel gabungan dari Indonesia. Baik untuk operasi darat dan udara. Sementara komando tetap ditangan Pemerintah Indonesia. Bantuan internasional akan difokuskan di Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin. [vivanews/islamedia]

Facebook Comments

You may also like

Kabut Asap Tak Kunjung Usai, Hasyim Muzadi Serukan Shalat Istisqa Nasional

Menyikapi bencana kabut asap yang melanda pulau Sumatera