RZ Dirikan Posko Bencana Asap di Palembang

Setelah mendirikan Posko Siaga Bencana Asap di Kota Pontianak dan Pekanbaru, kini RZ (Rumah Zakat) kembali mendirikan Posko Siaga Bencana Kabut Asap di Palembang, tepatnya di Jl Basuki Rahmat No 1 Simpang POLDA. Dalam bencana kabut asap ini banyak masyarakat sekitar yang terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).

Saat ini kondisi udara di Palembang sekitar 391 PSI (Pollutant Standard Index), terlihat sudah membaik jika dibandingkan beberapa hari yang lalu hingga mencapai 1900 PSI. Meskipun sudah menurun, tetapi kondisi tersebut masih terbilang berbahaya karena tetap melebihi batas normal, yakni 300 PSI.

“Dengan kualitas udara tersebut, masih banyak masyarakat yang menggunakan masker biasa, sehingga kurang efektif untuk mencegah asap. Kami berharap bagi warga yang hendak berpergian ke luar rumah, wajib menggunakan masker atau penutup yang sudah tersandar, karena bisa meminimalisir asap masuk melalui saluran pernafasan,” papar Widi, Koordinator RZ Palembang, Senin (5/10).

Posko Siaga Bencana kabut Asap beroperasi sejak Kamis (1/10) lalu hingga Sabtu (31/10) mendatang dan dibuka sesuai dengan jam kerja kantor RZ cabang Palembang yakni pada pukul 08.00-16.00 WIB. Di posko tersebut, relawan RZ memberikan pelayanan dan bantuan berupa masker N95 dan Oksigen untuk masyarakat umum Palembang.

“Dengan adanya pelayanan kabut asap ini diharapkan dapat membantu masyarakat serta mengedukasi masyarakat dalam menghadapi bencana kabut asap di Palembang,” ujar Wahyudi, Fasilitator Empowerment RZ cabang Palembang. [rls/islamedia]

Related Posts

Facebook Comments

You may also like

Tunjukkan Kepedulian pada Suriah, Siswa SD Juara Kirim Surat ke PBB

Tunjukkan kepedulian kepada para korban Suriah yang mengalami