Bantu Indonesia Atasi Kabut Asap, Begini Cara Pesawat Bombardier Malaysia Padamkan Titik Api

Pesawat Bombardier Malaysia Bantu Atasi Kabut Asap Indonesia

Islamedia – Indonesia mendapatkan bantuan dari 3 negara tetangga, salah satunya dari Malaysia dengan mengirim pesawat bombardier untuk memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan yang sudah lebih dari tiga bulan lamanya tak dapat diatasi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan Malaysia telah mengirimkan satu unit pesawat Bombardier 415 MP berkapasitas enam ton. demikian seperti dilansir tribun, Ahad, (11/10/2015).

“Cara mengangkut airnya dengan scooping. Dengan cara bermanuver mengambil air dari laut, lalu terbang lagi dan menyiramkan air ke lokasi kebakaran,” terang Sutopo soal cara kerja pesawat Bombardier milik Malaysia.

Bombardier akan dioperasikan setelah datangnya helikopter jenis Dolphin yang juga milik Malaysia yang nantinya Helikopter ini akan memandu Bombardier memadamkan api.

Menurut Sutopo, Bombardier akan beroperasi pada 12-16 Oktober 2015. Setelah beroperasi lima hari lamanya, Malaysia akan melihat situasi apakah pesawat akan ditarik pulang atau diperpanjang untuk membantu pemadaman di sini, terang Sutopo.[islamedia/YL]

Facebook Comments

You may also like

Ahmad Heryawan Bacakan Puisi Kemanusiaan untuk Aleppo di Pusat Perfilman Usmar Ismail

Islamedia РKetua Majelis Syuro Persatuan Umat Islam (PUI)