Terpilih Menang, Politisi Muslim Resmi Dicalonkan Jadi Walikota London

Islamedia – Sadiq Khan, seorang muslim anggota parlemen (aleg) Inggris , berhasil memenangkan pencalonan untuk walikota London dari Partai Buruh, The Guardian melaporkan pada Jum’at (11/9/2015) kemarin.

Khan, yang mengalahkan pesaingnya Tessa Jowell dengan selisih meyakinkan, mengatakan bahwa ia tak menyangka karena tidak pernah bermimpi bakal jadi kandidat dari Partai Buruh untuk posisi walikota London.

“Sebagaimana halnya banyak warga London, saya berutang segalanya kepada kota London,” ujar Khan yang juga anggota parlemen mewakili daerah pemilihan (dapil) Tooting sejak tahun 2005.

Dari lima putaran pemilihan internal untuk kandidat walikota yang digelar Partai Buruh, Khan memenangkan kesemua putaran itu. Pada putaran terakhir, Khan mengalahkan Tessa Jowell dari kubu Tony Blair dengan 58,9% lawan 41,1 %.

Di antara pendukung Khan terdapat Ken Livingstone, mantan walikota London yang bagi publik muslim dikenal karena pembelaannya terhadap isu-isu Palestina. Pada Maret 2005, Livingstone menyebut Perdana Menteri Israel Ariel Sharon sebagai “penjahat perang” yang bertanggung jawab atas pembantaian Sabra Shatila.

Sadiq Khan lahir di London pada tahun 1970 dari keluarga imigran asal Pakistan. Ia menempuh pendidikan tinggi dalam bidang hukum di University of North London. Sebelum memangku amanah sebagai anggota parlemen pada tahun 2005, ia bergiat sebagai pengacara pembela HAM.

Karirnya di bidang penegakan hukum berkisar pada perjuangannya melawan kepolisian, undang-undang ketenagakerjaan dan diskriminasi, upaya judicial review, dan terlibat dalam banyak pembelaan kasus-kasus yang menarik perhatian publik.

Dalam karir politiknya, Khan pernah menduduki jabatan Menteri Komunitas di masa Perdana Menteri Gordon Brown. Sebagai aleg dari Partai Buruh, ia pernah menjalankan tugas di kabinet bayangan sebagai Menteri Transportasi dan Menteri Kehakiman. (theguardian/wikipedia/ismed)

Facebook Comments

You may also like

Anies Terima Kunjungan Pengurus PWNU di Kediamannya

Islamedia РSetelah salat subuh, Calon Gubernur DKI Jakarta