Soal Keamanan Ibadah Umat Islam di Tolikara, Komnas HAM Tagih Janji Pemerintah

Masjid Baitul Muttaqin yang dibakar Jemaat GIDI

Islamedia – Pemerintah diminta merealisasikan jaminan keamanan untuk warga muslim Tolikara, Papua dalam menjalankan ibadah. Hal ini disampaikan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Maneger Nasution.

Manager berharap negara hadir memberi perlindungan agar peristiwa pembakaran masjid pada Idul Fitri 1436 Hijriyah beberapa waktu lalu tidak terulang kembali.

“Negara mesti hadir dalam memberikan perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak-hak dasar warga negara, khususnya hak untuk kebebasan beragama,” ujar Maneger dalam diskusi tentang intoleransi di Tolikara di Jakarta, Jumat (11/9).

Terkait langkah Menko Polhukam dan Kapolda Papua yang akan menjamin keberlangsungan peribadatan umat Islam pada shalat Idul Adha di Tolikara. Menurut Maneger, hal ini perlu di apresiasi, karena memang sudah sepatutnya negara melakukan itu.

“Karena ini janji negara, maka kami akan mengawasinya. Kami berharap janji ini betul-betul diterapkan ke lapangan,” ujar Maneger seperti dilansir Republika.[Islamedia/YL]

Facebook Comments

You may also like

Anies Terima Kunjungan Pengurus PWNU di Kediamannya

Islamedia РSetelah salat subuh, Calon Gubernur DKI Jakarta