Belasan Ribu Buruh Tangerang di-PHK Akibat Ekonomi Melemah

Efek bola salju melemahnya ekonomi era Pemerintah Jokowi-JK menyebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ribuan pegawai di beberapa kota.

Seperti terjadi di Kota Tangerang, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang Abduh Surahman, dari data yang diterimanya, sejumlah perusahaan di Kota Tangerang telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 12.000 pegawainya dan merumahkan 15 ribu buruh.

“Rata-rata perusahaan yang melakukan PHK bergerak di bidang garmen dan logam yang bahan bakunya impor dengan nilai dolar, sedangkan produknya dijual di dalam negeri dengan nilai rupiah. Sehingga perusahaan rugi, jika sudah demikian PHK memang tidak terhindarkan,” paparnya, seperti yang diberitakan merdeka, Rabu (30/9).

Ia juga menambahkan, selain perusahaan, Bank CIMB dan Bank Danamon juga akan melakukan PHK akibat terkena dampak melemahnya ekonomi.

Untuk itu, sebagai penanggulangan, Disnaker akan menggelar mini jobfair untuk para buruh yang di-PHK di Kecamatan Cibodas. Ada 6.000 lowongan yang tersedia di mana 5.000 lowongan untuk sopir taksi dan 1000 lowongan di bidang jasa. [merdeka/islamedia]

Related Posts

Facebook Comments

You may also like

Ekonomi Memburuk, Projo : Ini Salah Gubernur BI

Relawan Jokowi yang tergabung dalam ormas Projo memberikan