Waleed Shaath, Bayi yang Genapi Jumlah Penduduk Gaza Menjadi Dua Juta Jiwa

Islamedia¬†–¬†Jumlah penduduk Gaza genap mencapai dua juta jiwa bersamaan dengan lahirnya seorang bayi laki-laki bernama Waleed Shaath.

Sekarang ada dua juta warga di Jalur Gaza setelah bayi Waleed Shaath lahir tadi malam di Rafah, Gaza selatan,” ungkap juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Iyad Bezm, (12/10).

Mengutip Arab News, dilansir Republika, Bezm menyebutkan, 50,66 persen penduduk Gaza merupakan laki-laki dan 49,34 persen lainnya perempuan. Penduduk ke 2.000.001 adalah seorang anak perempuan bernama Lana Ayad, yang lahir setelah bayi Waleed.

Gaza, menurut PBB, merupakan wilayah yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di dunia bila dibandingkan dengan luas wilayahnya. Wilayah Gaza yang berada di antara Mesir, Israel, dan Laut Mediterania hanya memiliki luas 12 kilometer per segi. Pada 2020, PBB memperkirakan Gaza akan menjadi wilayah tidak layak huni akibat semakin tingginya angka kepadatan penduduk.

Sejak Israel merebut wilayah Gaza dari Mesir pada 1967, kondisi sosial dan ekonomi saat ini sedang berada di titik terendah. Israel telah menarik keluar pasukannya pada 2015, tetapi tetap mempertahankan blokade di wilayah yang dikuasai Hamas selama lebih dari satu dekade tersebut.

Israel berdalih, blokade dilakukan agar tidak ada bantuan senjata yang masuk untuk militer Hamas. Israel dan Hamas di Gaza telah tiga kali terlibat perang sejak 2008. [republika/islamedia]

Facebook Comments