Tujuh Anggota Hamas Syahid, Puluhan Ribu Warga Gaza Turun ke Jalan Iringi Pemakaman

Puluhan ribu warga Palestina turun ke jalan ikut mengambil bagian dalam upacara pemakaman tujuh anggota Hamas yang gugur awal pekan ini saat bekerja melakukan perbaikan pada sebuah terowongan bawah tanah sebelah timur laut dari Jalur Gaza

Dilansir Middle East Update, mengutip dari Middle East Eye, pihak Brigade al-Qassam, mengatakan bahwa anggotanya gugur saat bekerja memulihkan terowongan yang telah digunakan untuk operasi darat melawan tentara Israel selama perang musim panas 2014.

Pemakaman yang dipimpin oleh pemimpin politik dari Hamas, Ismail Haniya, dimulai di Masjid Omari di Kota Gaza.

Haniya menyebutkan jika mereka yang gugur adalah telah berkorban untuk membela tanah dan tempat suci mereka.

“Orang-orang mati karena mereka mempersiapkan perlawanan anti-pendudukan,” kata Ismail Haniya “Mereka telah mengorbankan jiwa mereka untuk membela tanah mereka dan tempat-tempat suci,” menambahkan bahwa orang-orang yang gugur mewakili “sumber kehormatan bangsa”.

Dalam akun resmi Twitter, al-Qassam juga mengungkapkan rasa duka atas anggotanya yang syahid.

“Al-Qassam berduka atas syahidnya tujuh anggota Qassam yang gugur saat bekerja di dalam terowongan perlawanan di Gaza,” cuit Al Qassam di akun Twitter mereka.

Hamas mengidentifikasi nama anggota yang gugur di terowongan sebagai Thabet al-Rifi, Ghazwan al-Shubaki, Izz al-Din Qassem, Wassim Hassouneh, Mahmoud Bassal, Nidal Odeh, dan Jaafar Hamadeh. Disebutkan beberapa yang gugur adalah anggota kelompok pasukan elit. Sebagian besar telah berpartisipasi dalam operasi pertempuran melawan pasukan Israel dalam serangan 51 hari pada tahun 2014.

Seperti diketahui, terowongan runtuh tersebut terletak di jalur pantai, dan telah difungsikan selama tiga masa perang dengan Israel sejak 2008. [middleeastupdate/islamedia]

Facebook Comments