Tragedi Mina, Fahri Hamzah Minta Pemerintah RI Desak Arab Saudi Bahas Penyelenggaraan Haji Bersama-sama

Menyusul terjadinya Insinden meninggalnya ratusan jamaah haji akibat desak-desakan di Mina, pemerintah Indonesia diminta agar mendesak Arab Saudi untuk membahas perihal penyelenggaraan haji secara bersama-sama.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah dalam siaran pers sebagaimana dilansir Merdeka, “Saya patut mengapresiasi bahwa amirul haj dan menteri agama kita yang cukup berani menyentil pemerintah Saudi dalam sambutan menjelang wukuf kemarin maka tentu ini harus diteruskan,” ujarnya.

Politikus PKS ini menjelaskan kronologi terjadinya tragedi Mina yang diakibatkan penumpukan yang seolah tidak diatur dan tidak bisa dihindari dalam menjalankan setiap prosesi ibadah haji, “Maka selanjutnya, apa yang terjadi setelah Arofah tidak diatur regulasinya, tidak dikomunikasi secara ketat dan diserahkan pada masing-masing negara dan bahkan masing-masing jamaah,” tegasnya.

Saat ini ia dan pihak amirul haj terus berkoordinasi dengan rumah sakit setempat untuk mengidentifikasi korban dari pihak Indonesia. Ia berharap tidak ada jamaah Indonesia dalam kejadian tersebut. [merdeka/islamedia]

Facebook Comments