Tragedi Mina, Erdogan : Jangan Salahkan Arab Saudi !

Insiden Mina yang menewaskan sedikitnya 753 orang dan 800 lainnya luka-luka, bukan hanya mengundang banyak simpati tetapi juga kecaman dari negara lain dengan tuduhan pemerintah Saudi tidak bisa mengelola penyelenggaraan haji tahun ini.

Diberitakan inilah, beberapa media Iran mengutip sumber tak jelas memberitakan bencana terjadi karena aparat keamanan Arab Saudi menutup salah satu jalur, untuk memberi ruang bagi keluarga Kerajaan Arab Saudi mencapai lokasi lempar jumrah.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan sangat tidak benar jika menyalahkan Arab Saudi dalam tragedi desak-desakan di Jembatan Jamarat.

“Saya tidak bisa mengatakan Arab Saudi salah,” ujarnya, “Selama haji dan umrah, saya berpartisipasi mengamati dari dekat. Saya tahu tingkat kepekaan petugas dan organisasi penyelenggara ibadah haji,” ungkapnya.

Bahkan, pers Iran juga menggelembungkan jumlah korban. PressTV melaporkan jumlah korban mencapai lebih 2.000. Namun, tidak ada konfirmasi dari pejabat Arab Saudi. [inilah/islamedia]

Facebook Comments