Tokoh Agama Sepakat Damai di Tolikara, Pemerintah Janji Bangun Kembali Masjid Yang Dibakar

Islamedia – Pertemuan antara Kapolda Papua, Pangdam XVII Cenderawasih, Gereja Injili di Indonesia (GIDI), tokoh agama, serta Musyawarah Pimpinan Daerah Papua di Tolikara pada Sabtu (19/7/2015) berhasil mencapai kesepakatan damai.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombespol Suharsono mengungkapkan, ada empat kesepakatan yang dicapai.

Pertama, GIDI dan tokoh agama se-Tolikara saling menjaga kerukunan. Kedua, pemkab akan membangun lagi kios dan rumah ibadah yang dibakar.

Kesepakatan ketiga adalah Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Fransen Siahaan berjanji memberikan bantuan tunai kepada para korban. Sedangkan poin terakhir adalah pelaku pembakaran tetap akan diusut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Suharsono menjelaskan, semua poin itu disepakati GIDI, tokoh agama, Pemkab Tolikara, Polda Papua, dan Pangdam Cenderawasih.

”Jadi, dipastikan telah ada antisipasi kemungkinan adanya peristiwa balasan. Dengan perjanjian ini, semua itu bisa ditekan,” ucapnya.[jppn/islamedia/YL] 

Facebook Comments