Tiga yang Unik dari Pernikahan Putra Mantan Presiden Turki

Ahmet dan Ayse didampingi keluarga.

Islamedia – Mantan Presiden Turki, Abdullah Gul, melangsungkan walimah pernikahan putranya. Turut hadir para pemimpin Turki terkemuka, termasuk Presiden Recep Tayyip Erdogan, Ketua Parlemen Ismet Yilmaz, dan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu. Ketiganya bertindak sebagai saksi pernikahan yang diadakan pada Agustus lalu itu.

Ahmet Munir Gul, putra dari Abdullah Gul dan istrinya Hayrunnisa, resmi menjadi suami Ayşe Zehra Karadere setelah akad nikah di sebuah hotel di ibukota Turki, Istanbul. Laman Todays Zaman menyebut acara itu dihadiri sekira 500 orang undangan.

Ahmet dikenal sebagai seorang pebisnis di sektor energi. Adapun Ayse adalah seorang dokter lulusan Universitas Hacettepe. Mempelai perempuan juga dikenal sebagai Presiden Organisasi Dokter Muda Turki. Keduanya naik ke pelaminan setelah Ahmet mengkhitbah Ayse pada Maret lalu.

Berbeda dari kebiasaan pesta pernikahan pada umumnya, keluarga Gul sebelumnya menyampaikan permohonan khusus kepada tamu undangan.

Pertama, pihak keluarga Ahmet Munir Gul meminta, alih-alih memberikan karangan bunga, para tetamu dipersilakan berbagi donasi untuk penanaman pohon. Penanaman itu akan dilakukan di  universitas di Kayseri, sebuah kota besar dan kota industri di bagian tengah Turki.

Erdogan memberi khutbah nikah
Erdogan memberi khutbah nikah

Kedua, terkait intensitas serangan teroris Kurdi PKK yang sedang meningkat, hingga merenggut korban dari warga sipil dan aparat, maka nuansa pesta dalam acara walimahan itu dibatalkan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk simpati dan empati atas derita para korban.

Sehingga praktis acara walimah itu berlangsung sederhana, diisi oleh tilawah dan makan bersama. Setelah didahului pelantunan ayat suci Al-Quran, hidangan pun disajikan kepada para hadirin.

Ketiga yang tak kalah unik, Presiden Erdogan tampil memberikan langsung buku nikah kepada pasangan yang tengah berbahagia. Erdogan pun memberikan nasihat pernikahan bagi pasangan Ahmet dan Ayse.

Secara khusus, Erdogan memberikan saran soal jumlah momongan. Ia berharap Ahmet dan Ayse memiliki tiga orang anak. “Satu anak itu aneh, dua anak bakal saingan, jadi tiga anak biar seimbang,” ujar Erdogan. (todayszaman/dailysabah/milliyet/haber3/ismed)

Facebook Comments