Tidak Sesuai Budaya, Walikota Lhokseumawe Larang Wanita Merokok

0

Islamedia – Karena tidak sesuai dengan budaya setempat, Wali Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh, Suaidi Yahya, melarang wanita merokok di tempat terbuka.

Dilansir Antaranews, hal tersebut disampaikan Suaidi Yahya saat peresmian sekretariat Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Lhokseumawe, di kompleks Terminal Labi-Labi Lhokseumawe, Kamis (12/5).

Dia mengatakan, fenomena wanita-wanita muda yang merokok di warung kopi atau cafe di wilayah Kota Lhokseumaw harus dicegah sedini mungkin agar tidak menjadi budaya baru bagi wanita di Lhokseumawe.

Pernah saat berada di sebuah warung kopi, ujar Suaidi, ada perempuan yang meminjam korek api untuk menyulut rokok. Ia memperkirakan si pemimjam tidak mengenalnya sebagai Wali Kota Lhokseumawe.

Ditambahkannya, karena merokok sangat tidak sesuai dengan budaya masyarakat Aceh bagi seorang wanita, maka tak lazim bagi seorang wanita di Aceh, merokok di tempat umum seperti warung kopi.

Oleh karena itu, dirinya sangat mengharapkan kepada pemilik atau pengelola warung kopi atau cafe, untuk melarang wanita merokok pada tempat seperti itu.

“Kepada pengelola warung kopi, agar melarang wanita merokok di tempat terbuka seperti itu. Karena tidak sesuai dengan budaya masyarakat Aceh bagi seorang wanita. Karena jika dibiarkan, lambat laun akan menjadi budaya baru bagi wanita di Aceh,” pintanya.

Dia meminta jika wanita perokok benar-benar ingin merokok, maka lakukan di tempat tertutup dari publik. “Cari tempat tertutup yang tidak terlihatĀ umum,” ujar Suaidi. [antaranews/islamedia]

Facebook Comments