Tersandung Kasus Korupsi, Presiden Brasil Dilma Roussef Dilengserkan

Tersandung kasus korupsi anggaran negara, parlemen Brasil akhirnya memutuskan memakzulkan Presiden Dilma Rousseff di tengah krisis ekonomi yang kian memburuk sejak 1930-an.

Setelah semalaman menggelar rapat dan dengar pendapat, anggota parlemen Brasil akhirnya melakukan pemungutan suara yang hasilnya 55 suara setuju Roussef dilengserkan dan sisanya 22 orang tidak setuju, demikian laporan stasiun televisi NBC News, Kamis (12/5)

Selama menjalani persidangan pemakzulan yang maksimal berlangsung hingga enam bulan, Wakil Presiden Michel Temer akan menggantikan posisi Rousseff, meskipun Temer sendiri juga saat ini dalam penyelidikan atas tuduhan korupsi.

“Kami sudah tidak bisa lagi mengabaikan kejahatan ini dan karena itu memilih pemakzulan,” ujar Alvaro Dias, senator dari Partai Hijau, dikutip dari Merdeka.

Terhadap keputusan parlemen tersebut Rousseff berang dan mengatakan langkah parlemen itu adalah kudeta dan melecehkan konstitusi.

Rousseff yang menjabat presiden sejak 2011 popularitasnya terus menurun seiring krisis ekonomi melanda Brasil. Penyelidikan kasus korupsi di perusahaan minyak negara Petrobras terhadap Rousseff sudah berlangsung selama dua tahun terakhir. [merdeka/islamedia]

Related Posts

Facebook Comments