Terbesar di Dunia, Aksi Dukung Demokrasi dan Syuhada di Istanbul Turki Diikuti 5 Juta Orang

Islamedia¬†–¬†Sekitar 5 juta orang menghadiri aksi dukungan Demokrasi dan Para Syuhada di Istanbul, Ahad (7/8).

Aksi tersebut diyakini sebagai aksi politik dengan jumlah peserta terbesar di seluruh dunia.

Orang-orang hadir dalam jumlah besar, terkonsentrasi di dekat panggung aksi Yenikapi, jalan Kennedy, distrik Eminonu dan Zeytinburnu.

Jutaan orang dari berbagai distrik di Istanbul berduyun-duyun datang ke Yenikapi. Transportasi publik, termasuk sistem metro, bis dan layanan ferry disediakan gratis untuk semua warga. Kotamadya Istanbul bahkan menyediakan lima juta air mineral kemasan botol dan satu juta paket makanan secara gratis untuk para peserta. Selain itu, layanan 7.000 bis, 203 perahu boat, 10 ferri tersedia untuk para peserta, demikian Anadolu melaporkan.

Sebagai langkah pengamanan sepanjang aksi, sekitar 25.000 personil polisi bersiaga, sementara itu 728 tenaga kesehatan berada di lapangan. Helikopter juga memantau di atas dan boat keamanan dalam kondisi siaga, 22 mesin X-Ray dan 165 pintu dengan detektor metal ditempatkan untuk pemeriksaan keamanan.

Selain itu, 2.500 pasukan keamanan dan 900 pembersih dan 500 pembantu ditugaskan sepanjang aksi.

Lebih dari 100 mobil ambulan, satu ambulan laut dan 20 mobil pemadam kebakaran juga dalam kondisi siap. Sementara itu, 50 bis digunakan untuk transportasi orang disabel.

Ini merupakan pertama kalinya pimpinan AKP, CHP dan MHP bersama-sama membagi platform. Selain itu, hadir pula Kepala Staff Jenderal Jenderal Hulusi Akar dan ulama kenamaan Turki Mehmet Gormez.

Even Yenikapi merupakan puncak aksi demokrasi yang diselenggarakan di kota-kota di seluruh negeri sejak kegagalan kudeta, yang merenggut 240 nyawa, dan melukai hampir 2.200 orang.

Pemerintah Turki mengatakan percobaan kudeta dilakukan oleh pengikut Fetullah Gulen, yang hidup dalam pengasingan di Amerika Serikat sejak 1999. [islamedia/abe]

Facebook Comments