Terbangkan Boeing 787, Trio Pilot Berhijab ini Catat Sejarah

Sebuah maskapai penerbangan di Brunei mencatat sejarah baru dengan menghadirkan tiga orang wanita berhijab sebagai pilot pesawat mereka.

Adalah Royal Brunei Airlines yang menarik perhatian dunia saat trio pilot wanita berhijab mereka mendaratkan pesawat di Bandara Internasional Jeddah di Arab Saudi, negara yang melarang wanita mengendarai mobil, demikian diberitakan Mail Online, mengutip utusan.com.my, Rabu (16/03/2016).

Dikutip dari Hidayatullah, ketiga pilot wanita berhijab itu adalah Kapten Sharifah Czarena dibantu oleh pejabat senior pertama, Sariana Nordin dan Dk Nadiah Pg Khashiem, yang dipercaya menerbangkan Boeing 787 Dreamliner dari Brunei ke Jeddah pada tanggal 24 Februari 2016 lalu, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Brunei.

Kapten Czarena dilatih di Inggris dan pada Desember 2013 menjadi pilot Royal Brunei pertama yang Boeing 787 Dreamliner dari Bandara Heathrow London. Dia mengatakan kepada The Brunei Times pada tahun 2012 menjadi pilot, biasanya dilihat orang sebagai pekerjaan yang didominasi kaum pria.

“Sebagai perempuan, seorang wanita Brunei, itu merupakan prestasi besar. Ini benar-benar menunjukkan kepada generasi muda atau anak-anak terutama bahwa apapun yang mereka impikan bisa tercapai,” ujarnya dikutip BBC. [hidayatullah/islamedia]

Facebook Comments