Syaratkan Putus Hubungan dengan Saudi, Hamas Tolak Mentah-mentah Tawaran Bantuan Dana Iran

Tawaran normalisasi dan bantuan dana yang diberikan Iran dengan syarat pemutusan semua hubungan dengan Arab Saudi ditolak mentah-mentah oleh Hamas, demikian surat kabar Al-Sharq Al-Awsat, dikutip middleeastmonitor.com.

Dilansir dari Hidayatullah, mengutip surat kabar Al-Sharq Al-Awsat, Khaled Meshaal khawatir tawaran tersebut akan dilihat sebagai persetujuan atas sikap permusuhan Iran terhadap Arab Saudi dan dukungan atas kebijakan Iran di Suriah.

Disebutkan juga bahwa Iran telah menghentikan semua bentuk dukungan mereka pada Hamas karena sikap terakhir mereka terhadap Suriah. Tindakan yang sama juga dilakukan Teheran pada Jihad Islam, dengan menghentikan dukungan mereka pada organisasi itu, karena mereka mengkritik campur tangan Iran di Yaman.

Surat kabar itu melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif memberi penawaran ketika bertemu dengan perwakilan Hamas di Teheran, Dr Khalid Al-Kaddoumi.

Namun dikatakan penawaran itu telah ditolak, mengutip sebuah sumber Hamas di Tepi Barat yang menganggap itu sebagai tindakan “tidak akan pernah mendukung koalisi apapun yang melawan Muslim Sunni”. [hidayatullah/islamedia]

Facebook Comments