SPI Fatahillah Mengupas ‘The Worldview of Islam’

Pertemuan ketiga SPI Fatahillah angkatan IV digelar pada hari Selasa (15/03) malam di Aula INSISTS, Jakarta Selatan. Perkuliahan yang dimoderatori oleh Asep Rizal ini mengusung tema “The Worldview of Islam”. Perkuliahan disampaikan oleh Dr. Syamsuddin Arif, Direktur Eksekutif INSISTS.

Menurut Dr. Syamsuddin, worldview dapat diartikan sebagai konsep dalam alam pikiran manusia yang digunakan untuk melihat dunia. “Worldview dapat dimaknai sebagai how your mind sees the world; jadi di dalam kepala kita ada konsep-konsep atau makna-makna yang kita gunakan untuk melihat dunia,” jelas Syamsuddin.

“Saya contohkan ada x, y, dan z yang masing-masing beragama Islam, Hindu, dan Budha. Mereka sama-sama mengaku beriman kepada ‘Tuhan’, tapi ‘Tuhan’ itu hanya kata yang digunakan untuk menjelaskan makna tentang yang absolut. Masing-masing tidak sama dalam memaknai kata ‘Tuhan’. Konsep Tuhan dalam Islam misalnya Allahu ahad dan lam yalid walam yuulad, jelas berbeda dengan doktrin Kristen tentang anak Tuhan, begitupun Hindu dengan banyak Tuhan,” ujar doktor jebolan ISTAC ini.

Peserta cukup antusias mengikuti jalannya perkuliahan. “Materi ini memberi gambaran yang lebih jelas tentang apa itu worldview, dan cukup menjadi alternatif konsep bagi umat Islam,” ujar Zakiyus Shadicky, salah seorang peserta SPI Fatahillah. [islamedia/dzaqiarrafi/abe]

Related Posts

Facebook Comments