Setengah Juta Pengungsi Datangi Eropa Sepanjang 2015 Ini

Pengungsi asal Suriah dan Afghanistan masuki Eropa dengan perahu seadanya.

Islamedia – Angka paling baru tercatat ada 2.800 orang pengungsi yang meninggal dunia dalam upaya mereka menyeberangi Laut Mediterania sepanjang tahun 2015 ini. Termasuk di antara mereka 167 orang yang tewas di perairan antara Yunani dan Turki, demikian Anadolu Agency melansir laporan Organisasi Internasional urusan Migrasi (IOM) pada Selasa (15/9/2015) kemarin.

Sejumlah 2.620 jiwa meninggal dunia ketika berusaha melintasi Afrika bagian utara menuju Eropa bagian selatan, khususnya Italia, ungkap IOM dalam data statistiknya.

Angka tersebut sedikit lebih kecil dibanding periode yang sama tahun lalu. Kala itu ada 2.993 orang pengungsi meninggal dunia.

Sementara itu, sekira 465.000 orang pengungsi mencapai Eropa melalui kawasan Mediterania, jumlah ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding tahun lalu. Di antara jumlah tersebut 340.991 orang tiba di Yunani, dan 121.619 tiba di Italia, tambah IOM dalam keterangannya.

Pengungsi sebanyak itu sebagian besarnya berasal dari Suriah, di mana para pengungsi berusaha menghindarkan diri dari perang sipil yang sudah berlangsung selama 4 tahun. Terdapat 175.375 pengungsi Suriah yang mencapai Yunani, dan 6.710 orang tiba Italia.

“Selama pekan lalu dan sepanjang hari-hari pertama pada pekan ini, diperkirakan ada 72 pengungsi yang kehilangan nyawa dalam upaya mereka menuju kepualauan Yunani dari Turki,” kata pihak IOM. (aacomtr/ismed)

Facebook Comments