Setelah 85 Tahun, Adzan Shubuh Kembali Berkumandang di Hagia Sophia Istanbul

Islamedia – Seorang muadzin mengumandangkan Adzan Shubuh di Hagia Sophia Istambul Turki. ┬áKumandang Adzan untuk pertama kalinya sejak 85 tahun yang lalu ini dilaksanakan pada hari Jumat, 1 Juli 2016 dan bertepatan dengan malam 27 Ramadhan 1437 Hijriah.

Pada tahun 1935, presiden Turki kala itu Mustafa Kemal mengubah masjid Hagia Sophia menjadi museum dan menghentikan segala aktifitas keagamaan seperti Sholat.

Hagia Sophia pada awalnya dibangun sebagai basilika Kristen Ortodoks selama pemerintahan Kaisar Bizantium Justinian I pada 537 M. Kemudian diubah menjadi masjid setelah penaklukan kota Istanbul oleh Sultan Mehmet II pada tahun 1453.

Kumandang Adzan di Hagia Sophia bukan tanpa halangan, kaum sekuler Turki mengecam kebijakan Pemerintah Turki yang mengizinkan kumandang Adzan di Hagia Sophia.

Selain pihak sekuler, kecaman juga berasal dari pemerintah Yunani yang menganggap Pemerintah Turki tidak menghormati sejarah.

Meskipun mendapat kecaman dari pihak Sekuler, Pemerintah Turki tetap mengizinkan kumandang adzan di Haghia Sophia dan Umat Islam dapat beribadah didalamnya. [islamedia/mh]

Facebook Comments