Serap 55.000 Lebih Tenaga Kerja, Realisasi Investasi Jabar Tempati Posisi Teratas

Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Provinsi Jawa Barat, tercatat realisasi investasi sebesar Rp 28,6 triliun dan penyerapan tenaga kerja sebesar 55.382 orang. Ini menjadikan Provinsi Jawa Barat menempati peringkat teratas lokasi realisasi investasi triwulan pertama 2016 berdasarkan nilai investasi maupun penyerapan tenaga kerja.

Penyerapan tenaga kerja akibat realisasi investasi yang dalam masa konstruksi di Provinsi Jawa Barat itu merupakan kontribusi dari investasi baik asing maupun dalam negeri, demikian disampaikan kepala BKPM Franky Sibarani.

“Untuk penyerapan tenaga kerja PMA Jawa Barat menempati posisi teratas dengan jumlah tenaga kerja yang diserap 42.460 tenaga kerja, sedangkan untuk PMDN Jawa Barat penyerapannya sebesar 12.922 tenaga kerja di bawah Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Sumatera Selatan,” ujarnya, seperti dilansir detik.com, Minggu (1/5/2016).

ia juga menjelaskan, porsi Penanaman Modal Asing (PMA) yang mendominasi berdampak signifikan terhadap peringkat Jawa Barat sebagai tujuan utama investasi di Indonesia.

“Kontribusi PMA di Jawa Barat mencapai Rp 22,52 triliun, sedangkan sisanya Rp 6,08 triliun merupakan kontribusi dari Penanaman Modal Dalam Negeri,” jelasnya. [detik/islamedia]

Facebook Comments