Sejarawan : ‘Penggusuran Era Ahok Paling Brutal dalam Sejarah Jakarta’

Korban Penggusuran Era Ahok (image.google)

Islamedia – Berdasarkan data dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, dari tahun 2015 ada 113 kasus penggusuran paksa yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dari data tersebut 8.315 kepala keluarga dan 600 unit usaha dirugikan akibat penggusuran itu dan yang menyedihkan sebanyak 84 persen penggusuran dilakukan secara sepihak.

Hal ini seperti disampaikan sejarawan Betawi JJ Rizal seperti dilansir CNN Indonesia, yang Islamedia kutip pada, Sabtu (30/04/2016).

Menurut Rizal, penggusuran pada era Ahok bukan hanya sering terjadi, tapi juga dilakukan dengan pendekatan kekerasan, stigmatisasi, bahkan teror.

“Sejarah penggusuran yang paling rutin dan tanpa pendekatan kemanusiaan, justru terjadi sekarang. Periode Ahok penggusuran paling brutal dalam sejarah,” Ungkap Rizal di Serang, Banten.

Bahkan menurutnya, ganti rugi dan jaminan atas kehidupan serta pekerjaan warga yang digusur tidak dipikirkan oleh gubernur.

“Ini lembaran paling hitam dalam sejarah penggusuran, bagaimana pemerintah hadir dalam wajah yang paling menyeramkan,” pungkas Rizal.[islamedia/cnn/YL]

Facebook Comments