Sambut Milad, FPKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Dalam rangka menyambut Milad PKS ke-18 pada April 2016, sebagai partai dakwah yang sangat akrab dengan khasanah agama, termasuk kitab kuning, fraksi PKS DPR RI meluncurkan Lomba Baca Kitab Kuning bagi para santri/pelajar seluruh Indonesia.

“Lomba ini sudah sejak lama kami rencanakan. Karena PKS adalah partai dakwah yang sangat akrab dengan khasanah agama, termasuk kitab kuning,” ujar Ketua FPKS, Jazuli Juwaini dalam konferensi pers di Ruang Pleno Fraksi, Gedung Nusantara 1, Senayan, Jakarta, Kamis.

Dilansir Republika, lomba baca kitab kuning tersebut, jelas Jazuli, telah direncanakan sejak lama dan tujuannya untuk meningkatkan kecintaan generasi muda Indonesia pada khazanah Ilmu. Islam yang langsung bersumber dari rujukan utamanya telah berpuluh-puluh tahun dipelajari di seluruh pesantren di Indonesia.

Menurutnya, sebagai salah satu cara PKS menjunjung tinggi ulama salaf dan warisannya agar tetap memiliki tempat mulia di kalangan generasi muda, PKS menggelar lomba itu.

“Bangsa Indonesia sangatlah dijiwai oleh nilai-nilai agama dan relijiusitas. Sehingga, khazanah ilmu keagamaan, seperti Kitab Kuning ini harus terus dikembangkan di tengah masyarakat dan dipelajari terus khususnya bagi anak-anak muda,” tambahnya.

Selain itu, ia mengatakan, melalui lomba tersebut pihaknya ingin ruh kebangsaan sebagai bangsa yang relijius tidak dilupakan bangsa Indonesia.

“Melalui lomba ini sekaligus kita ingin agar bangsa Indonesia tidak melupakan ruh kebangsaan kita sebagai bangsa yang relijius. Ulama dan santri memiliki peran dan kontribusi luar biasa dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan,” tandasnya. [republika/islamedia]

Facebook Comments