RZ Salurkan 30.000 Liter Air Bersih di Desa Pesagi

Islamedia – Dalam upaya mengatasi kekeringan yang menimpa daerah Kabupaten Pati, RZ (Rumah Zakat) menyalurkan 30.000 liter air bersih di Desa Pesagi, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Kekeringan yang terjadi di berbagai daerah di Kabupaten Pati dinilai sudah memasuki kondisi kritis.

Kondisi tersebut makin diperparah dengan tidak adanya pasokan air bersih yang dapat dikonsumsi warga dalam kesehariannya. “Menurut pantauan saya, kondisi sawah saat ini sejumlah daerah di Pati sudah masuk pada level darurat dan kritis. kondisi tanah pecah-pecah dan tak bisa ditanami,” ujar Edi Sutrisno, Ketua Serikat Petani Indonesia (SPI) Jawa Tengah, Selasa (08/09).

Tidak hanya di Desa Pesagi, Pada Jumat (04/09) lalu, RZ melalui Relawan Inspirasi Klaten telah mendistribusikan 30.000 liter air bersih di Desa Tlogowatu dan Kendalsari yang berada di 700 mdpl dan merupakan daerah lereng Gunung Merapi, Kecamatan Kemalang. Selain itu, RZ juga menyalurkan 120 kornet Superqurban untuk 60 KK di kedua desa tersebut.

“Kekeringan yang melanda sejak bulan Februari 2015 ini sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat, karena selain harus membeli air, warga juga harus menerima kenyataan gagal panen yang makin memparah kondisi Ekonomi Masyarakat,” tutur Rico Ayatul Yuza, Kordinator Relawan Inspirasi RZ.

Sebanyak 860 warga penerima manfaat di dua desa merasakan kebahagiaan dari program Berbagi Air Kehidupan RZ. “Dengan adanya program ini masyarakat merasa sangat terbantu. Semoga akan lebih banyak lagi donatur yang bersinergi untuk membantu mereka yang mengalami krisis air bersih ini,” ujar Rico. [rls/islamedia]

Facebook Comments