Raja Salman Ancam Obama Akan Hancurkan Ekonomi Amerika

Raja Salman Ancam Obama Akan Hancurkan Ekonomi Amerika

Islamedia – Kerajaan Arab Saudi mengancam akan menghancurkan ekonomi Amerika dengan melepas ratusan miliar dolar AS aset-aset Saudi di Amerika jika pemerintahan Barack Obama meloloskan sebuah RUU yang memungkinkan Arab Saudi diminta bertanggung jawab atas serangan 11 September 2001.

Ancaman Saudi ini bukanlah main-main, Raja Salman melalui menteri Luar Negerinya Adel Al Jubeir menitipkan pesan ini saat kunjungannya ke Washington bulan lalu. Juberi menyampaikan dihadapan legislator AS bahwa Arab Saudi akan melepas US$ 750 miliar aset mereka dalam bentuk surat-surat berharga di AS sebelum aset itu dibekukan oleh pengadilan AS.

The New York Times edisi ahad (117/4/2016),  menyebutkan bahwa setelah mendapat ancaman dari Saudi, presiden Obama sangat panik, nampak terlihat dari langkah yang ditempuh dengan langsung melakukan upaya lobi kepada konggres Amerika agar membatalkan RUU tersebut. Ancaman Saudi ini menjadi bahasan utama DPR dan pejabat dari Departemen Luar Negeri dan Pentagon. Pemerintah Amerika memperingatkan para anggota DPR bahwa ekonomi Amerika akan hancur jika Saudi merealisasikan ancamanya.

Untuk merespon ancaman Saudi ini, Obama secara khusus akan berkunjung ke Riyadh pada hari Rabu (20/4/2016) untuk bertemu Raja Salman dan pejabat Saudi lainnya.

Sementara pihak kerajaan Saudi menegaskan bahwa Saudi tidak terlibat sama sekali dengan serangan 11 September 2001. Komisi 9/11 juga tidak menemukan bukti keterkaitan pemerintah Arab Saudi, baik sebagai lembaga atau individu pejabat kerajaan Saudi.[islamedia/mh]

Facebook Comments