Qira’ah, Shalawat, dan Lagu Indonesia Raya, Membuka Gelaran MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional

Islamedia – Ribuan mahasiswa, di antaranya para peserta dari 167 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, memadati pembukaan MTQ Mahasiswa Nasional ke-XIV yang berlangsung Sabtu (1/8) tadi malam di Balairung Universitas Indonesia, Kampus UI Depok. Pembacaan qira’ah sab’ah, lantunan shalawat, dan lagu Indonesia Raya, turut mengisi upacara pembukaan rangkaian MTQ. Perhelatan tingkat nasional itu, menurut rencana, akan dilaksanakan hingga 8 Agustus mendatang.

Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional terdiri dari serangkaian kegiatan lomba membaca, menghafal, men-syarah Alquran, serta berbagai jenis perlombaan mengenai kandungan Alquran.

“Tujuan utama UI sebagai tuan rumah dalam perlombaan ini adalah membangun akhlakul karimah dan menyebarkan syiar agama Islam,” tutur Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQMN XIV Dr. Arman Nefi, S.H, M.M dalam konferensi pers Selasa (28/7) lalu.

Seperti dikhabarkan akun Twitter Lembaga Dakwah Kampus Salam UI, upacara pembukaan diawali dengan defile kafilah yang mendapat sambutan tepuk tangan meriah dari segenap hadirin. Bertindak sebagai pembaca qira’ah sab’ah ialah Prof. Dr. Said Agil Al-Munawar, dan Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Ir. H. Anis Sagaff.

Selain itu, penampilan syahdu disuguhkan Paragita UI yang melantunkan Shalawat Badar. Hadirin juga diajak menikmati lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ. Ribuan mahasiswa baru UI tampak hadir menyemarakkan acara.

Sehari sebelumnya (31/7/2015), Kafilah MTQ MN dari berbagai kampus memenuhi jalan – jalan kampus UI dalam rangka pawai ta’aruf.

Pawai Ta’aruf tersebut diikuti mahasiswa dari berbagai kampus di penjuru nusantara, seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Sam Ratulangi, dan Universitas Negeri Papua. Pihak LDK Salam UI menyebutkan bahwa pawai ta’aruf tersebut sejalan dengan slogan Bhineka Tunggal Ika.

“Pawai Ta’aruf ini menunjukkan keharmonisan dalam keberagaman budaya Indonesia,” demikian LDK Salam UI dalam keterangannya. (salam-ui/mtqmn/ismed)

Facebook Comments