Presiden Baru Filipina Tuding Pemimpin Gereja Katolik Memperkaya Diri dengan Cara Mengorbankan Orang Miskin

Pemimpin Gereja Katolik Memperkaya Diri dengan Cara Mengorbankan Orang Miskin

Islamedia РPresiden baru Filipina, Rodrigo Duterte melontarkan pernyataan kontroversial yang menyerang pihak gereja Katolik. Duterte menuding bahwa para pemimpin gereja di Filipina memperkaya diri dengan cara mengorbankan orang miskin.

Saya akan mxyampaikan ceramah hingga 29 Juni 2016 mengenai dosa-dosa gereja Katolik, apakah lembaga ini masih relevan. Hampir semua lembaga bermuka dua itu adalah gereja Katolik” ujar Duterte di Kota Davao, sebagaiman dilansir tempo, ahad(22/5/2016).

Pernyataan keras Duterte itu bukan pertama kali disampaikan untuk gereja Katolik. Dia juga pernah mencaci-maki Paus Fransiskus saat melakukan lawatan ke Manila, ibu kota negara berpenduduk 80 persen Katolik. Filipina merupakan negara terbesar di Asia yang penduduknya beragama Katolik.

Rodrigo Duterte, pria 71 tahun ini menjadi pemenang dalam pemilihan umum yang digelar pada Senin, 9 Mei 2016, meskipun perhitungan suara oleh komisi pemilihan masih dalam proses. Namun sejumlah lembaga menyatakan dia berhasil mengalahkan lawan-lawannya, termasuk tiga rival utamanya. Duterte akan dilantik sebagai presiden pada 30 Juni 2016. [islamedia/mh]

Facebook Comments