Polri : Pembebasan 10 WNI Berkat Negosiasi dan Bantuan Jenderal (Purn) Kivlan Zen

Polri Pembebasan 10 WNI Berkat Negosiasi dan Bantuan Jenderal (Purn) Kivlan Zen

Islamedia – Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar menyampaikan bahwa pembebasan 10 WNI yang menjadi anak buah kapa (ABK) yang disandera Abu Sayyaf berkat bantuan negoisasi tokoh nasional seperti Jenderal (Purn) Kivlan Zen.

Boy menegaskan bahwa jika polisi hanya bergerak sendiri sangat sulit untuk membebaskan 10 WNI tersebut. Bantuan yang diberikan tokoh seperti Jenderal (Purn) Kivlan Zen sangat berarti.

Kalau yang saya tahu, Pak Kivlan Zen. Kan purnawirawan TNI yang dulu ketika MILF (Front Pembebasan Islam Moro) beberapa belas tahun lalu, termasuk tim yang dikirim pemerintah untuk ikut dalam proses perdamaian di sana, jadi hubungan itu lah yang sangat bermanfaat untuk dijadikan modal bekerjasama,” Ujar Boy Rafli Amar sebagaimana dilansir cnnindonesia, senin (2/5/2016).

Untuk diketahui, Kivlan merupakan seorang tokoh militer Indonesia yang pernah memegang jabatan Kepala Staf Kostrad (Kas Kostrad) ABRI. Ia pernah menjadi Komandan Kontingen Garuda/Filipina yang memperjuangkan Perdamaian Filipina Selatan pada 1995-1996.

Lebih lanjut Boy saat bersyukur atas keberhasilan pembebasan sandera yang mengedepankan upaya diplomasi negosiasi di jajaran yang terlibat. Boy juga mengucapkan terima kasih kepada otoritas Filipina atas upaya bersama dan dukungan penuhnya, sehingga pihak Indonesia tidak menemui kesulitan dalam membuka ruang komunikasi dengan pihak penyandera.[islamedia/cnn]

Facebook Comments