“Pohon Palem” Cerdas a la Smart City Kota Dubai

“Pohon Palem” itu bukan sembarang palem. “Daun-daun”-nya diisi panel surya. Fungsi utamanya menjadi hotspot Wi-Fi. Satu lagi inovasi teknologi a la smart city di Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Demikian seperti dilansir laman IINA awal Agustus (2015) lalu.

Pantai Umm Suqeim dan Taman Za’abeel merupakan dua lokasi pertama yang ditempati “Pohon Palem” cerdas penyedia akses internet wireless itu. Di “pohon” yang sama juga terdapat informasi cuaca, info tempat menarik terdekat, dan fasilitas isi ulang daya untuk perangkat mobile. Dengan tinggi sekira 6 meter, rencananya sebanyak 103 “pohon palem” canggih itu akan disebar di segenap penjuru kota Dubai di lokasi-lokasi luar ruang yang populer.

Inisiatif penyebarluasan “pohon palem” sebagai bagian dari Proyek Tahun Inovasi Kabinet UEA itu, terwujud berkat kerjasama Kotamadya Dubai, Pencipta Smart Palm D Idea Media, Sun Tab Solar Energy dan Promo Tech Gulf Industry.

“Dubai telah membangun reputasi internasional sebagai tempatnya teknologi dan inovasi. Melalui Pohon Palem Cerdas (Smart Palm), warga kota dapat meraih manfaat berupa akses internet gratis, seraya menyediakan juga informasi publik yang berharga mencakup prakiraan cuaca dan panduan perjalanan,” kata Hussain Lootah, direktur utama Kotamadya Dubai.

Kebutuhan energi Palem Cerdas itu sepenuhnya disediakan panel surya di bagian atasnya. Energi yang tersimpan juga untuk memenuhi kebutuhan penerangan di malam hari. Wi-Fi yang dipancarkannya mampu menjangkau area hingga 53 meter, dapat dipergunakan 50 pengguna secara bersamaan. Tersedia pula colokan untuk pengecasan ponsel dan tablet yang dikalim mampu mengisi daya 2.5 kali lebih cepat dibandingkan yang biasanya. Terdapat pula dua layar monitor yang menampilkan detail cuaca, berita lokal, aplikasi navigasi, informasi Dubai secara umum, dan ditambah lagi kamera untuk berselfie ria.

Palem Cerdas lainnya dikabarkan akan segera disebar di Taman Dubai Creek, Taman Al Mamzar, dan Taman Al Barsha.

Pihak D Idea Media sendiri menyebut Proyek Palem Cerdas itu sebagai perpaduan yang ikonik antara kemudahan akses informasi, kemudahan akses Wi-Fi, dan teknologi hijau.

“Demi mencapai visi di balik proyek ini, kami merancang dan mengembangkan sebuah produk yang tidak dapat diwujudkan tanpa proses penemuan yang unik yang melibatkan berbagai disiplin ilmu termasuk desain industri, slusi pengembangan perangkat keras kustom, rekayasa peranti lunak, dan karya konstruksi secara presisi.”

Wisatawan sendiri memberikan testimoni, bahwa menggunakan Palem Cerdas untuk mengakses informasi adalah pengalaman yang “hanya ada di Dubai.”

“Pohon palem dengan layar info, keren banget!” kata Jason Hurst, wisman asal Boston Amerika Serikat. “Dan Anda bisa ambil foto selfie buat dikirim ke orang di rumah,” lanjutnya.

Selain Dubai, beberapa kota di dunia juga menghadirkan stasiun pengisian daya berbasis energi surya. Pada tahun 2013, kota New York berkolaborasi dengan At&T memasang 25 spot pengisian daya secara gratis, berbahan energi surya. Kota San Fransisco juga kini punya stasiun energi suryanya sendiri. (iina/ismed)

Facebook Comments