Pemimpin Tertinggi Umat Katolik Memuji Turki Karena Usahanya Menolong Pengungsi Suriah

Paus Fransiskus ketika diterima Mehmet Gormez Kepala Direktorat Urusan Keagamaan Turki di Ankara, 2014 (Foto: Reuters).

Islamedia – Pemimpin spiritual Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Kota Vatikan, Paus Fransiskus, menyanjung Turki atas usahanya menolong para pengungsi Suriah. Paus juga menyerukan agar negara-negara lainnya pun ikut mendukung kepedulian Turki tersebut dalam membantu warga Suriah. Demikian seperti dilansir Middle East Monitor pada Kamis (12/01/2016) lalu.

Radio Vatikan melaporkan bahwa Paus berkata “Saya menghaturkan terima kasih saya, bagi segala prakarsa yang diluncurkan, untuk menanggung penyediaan tempat yang layak, bagi para pengungsi. Saya utamanya menyampaikan ini kepada negara-negara yang berbatasan dengan Suriah, yang segera merespon (keadaan), dengan memberikan bantuan dan pelayanan.”

Paus menyatakan, bahwa ada sejumlah negara yang berbatasan dengan Suriah yang memberikan bantuan, seraya menyebut nama Turki.

Paus juga menambahkan, “Adalah penting untuk tidak membiarkan negara-negara yang berkomitmen membantu kebutuhan dalam keadaan situasi mendesak itu berjalan sendirian. Selain itu, kita perlu melakukan dialog yang jernih, berdasarkan saling-menghormati di antara negara-negara yang berkepentingan dengan persoalan pengungsi.”

Setengah dari total populasi Suriah sebanyak 11 juta jiwa sebelum berlangsungnya perang, kini telah tewas terbunuh atau terpaksa meninggalkan kampung halamannya sejak berlangsungnya konflik sipil.

Menurut pejabat Turki dan data PBB, negeri Turki sendiri saja menampung lebih dari 2 juta pengungsi Suriah. (ismed/memo/reuters)

Facebook Comments