Muslim Turki Mendesak Agar Hagia Sophia Difungsikan Kembali Sebagai Masjid

Ribuan masyarakat Muslim Turki pada Sabtu (28/5) turun ke jalan mendesak agar diperbolehkan menjalankan ibadah di Hagia Sophia. Mereka berharap tempat tersebut kembali dapat dipergunakan sebagai masjid, demikian media Turki.

Seorang imam kemudian memimpin sholat jamaah di depan gedung luas tersebut yang dulu merupakan Ortodoks Basilika Yunani, lalu diubah menjadi masjid dan sekarang berubah menjadi museum.

Biarkan rantainya lepas, dan buka Hagia Sophia,” lantang salah seorang pengunjuk rasa seperti diberitakan Dogan News Agency.

Atas nama ribuan saudara-saudara kita, kami menuntut agar diizinkan untuk beribadah di dalam masjid Hagia Sophia,” ujar Salih Turhan, presiden Anatolia Youth Association yang menggelar demonstrasi bertepatan dengan hari peringatan ditaklukannya Konstantinopel oleh Sultan Mehmet II yang kemudian dikenal dengan Muhammad Al-Fatih.

Dibangun pada abad keenam, Hagia Sophia, yang berarti Kebijaksanaan Suci dalam bahasa Yunani, diubah menjadi sebuah masjid pada tahun 1453 ketika Kesultanan Utsmani menaklukkan Konstantinopel. Setelah Kesultanan Utsmani runtuh dan negara Turki berdiri, masjid ini berubah menjadi museum pada tahun 1935. [islamedia/abe]

Facebook Comments