Muktamar ke-19 Mathla’ul Anwar di Banten Resmi Dibuka Presiden

Islamedia – Peringatan 100 tahun dan muktamar ke-19 Mathla’ul Anwar di Alun-alun Pandeglang, Banten, dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (8/8/2015).

Dalam pidato pembukaan Jokowi berharap organisasi Islam Mathla’ul Anwar untuk terus memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia di bidang pendidikan dan sosial.

“Saya sungguh berharap lembaga-lembaga pendidikan Mathla’ul Anwar makin memberikan kontribusi besar di bidang pendidikan,” ujarnya seperti dilansir Antara, Sabtu.

Acara yang bertemakan “100 tahun Mathla’ul Anwar mencerdaskan Indonesia,” diikuti oleh 500 persatuan perwakilan Mathla’aul Anwar dari 30 provinsi yang ada di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, presiden didampingi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Plt. Gubernur Banten Rano Karno.

Sebagaimana diketahui, organisasi Mathla’ul Anwar didirikan pada 10 Juli 1916 oleh KH E Mohammad Yasin, KH Tb Mohammad Sholeh, dan KH Mas Abdurrahman di daerah Menes, Pandeglang, Banten.

Mathla’ul Anwar didirikan empat tahun setelah berdirinya Muhammadiyah pada 18 November 1912 di Kauman Yogyakarta oleh KH Ahmad Dahlan, dan 10 tahun lebih awal dibanding Nahdlatul Ulama (NU)pada 31 Januari 1926 di Surabaya Jawa Timur oleh KH Hasyim Asyari.

Kini organisasi Islam yang didirikan satu abad yang lalu itu kini sudah memiliki perwakilan di 24 provinsi dan akan terus mengembangkan sayapnya ke beberapa provinsi lainnya seperti Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Gorontalo, dan di seluruh Papua.

Mathla’ul Anwar selama ini mengelola ratusan lembaga pendidikan dari tingkat dasar, menengah, hingga perguruan tinggi Universitas Mathlaul Anwar (UNMA) yang terletak di bagian barat Kota Pandeglang, tepatnya daerah Cikaliung, Pandeglang, Banten.[islamedia/YL]

Facebook Comments