Minat Masyarakat Belajar Bahasa Arab Tinggi, Pemerintah Turki Buka Kesempatan Luas Belajar Bahasa Arab

Tingginya antusias masyarakat Turki dalam mempelajari bahasa Arab disambut pemerintah Turki dengan membuka kesempatan seluas-luasnya untuk belajar bahasa Arab.

Salah Satu diantara madrasah dan universitas yang membuka Fakultas Bahasa Arab adalah Universitas 29 Mei di Istanbul, Turki.

Seorang Dosen asal Mesir yang merupakan alumnus Universitas Al Azhar, menyebutkan jika setiap tahunnya Fakultas Bahasa Arab menerima puluhan mahasiswa dan mahasiswi.

“Di universitas 29 Mei, kami setiap tahun menerima 60 hingga 70 mahasiswa & mahasiswi Fakultas Bahasa Arab,” ujarnya kepada Al Jazeera, Kamis (17/12/2015), seperti dikutip hidayatullah.

Sana, mahasiswi Fakultas Bahasa Arab Universitas 29 Mei, mengatakan jika ia mempelajari bahasa Arab untuk memahami al-Quran.

“Saya cinta bahasa Arab, karena bahasa Arab adalah bahasa al-Quran. Aku ingin memahaminya secara langsung,” terangnya.

Sementara itu, Fakhrudin yang juga Mahasiswa di Universitas yang sama, ingin mendalami Syariat Islam melalui bahasa Arab.

“Ayah saya adalah guru di Sekolah Pelatihan Imam dan Khatib di Kota Bursa, beliau mau saya mendalami Syariat Islam. Oleh karena itu saya berada di sini (belajar bahasa Arab-rep),” katanya. [hidayatullah/islamedia]

Facebook Comments