Mesir Desak Israel Tutup Akses Bantuan Turki ke Gaza

Keberpihakan pada Israel dan perlawanan sikap pada Turki makin diperlihatkan Mesir yang dipimpin presiden diktator, Al Sisi.

Hal ini ditunjukkan dengan dikirimnya pesan kepada Israel dan meminta otoritas Israel untuk tidak membiarkan bantuan Turki bisa masuk ke Jalur Gaza, demikian Channel 10 TV.

Langkah tersebut diambil Mesir saat upaya rekonsiliasi sedang dilakukan oleh Ankara dan Tel Aviv.

Tidak hanya itu, Mesir juga mendesak Israel menutup akses bagi Turki untuk berhubungan dengan pemerintah di Gaza yang saat ini dikuasai Hamas.

“Mesir telah meminta Israel untuk tidak membiarkan Turki untuk memiliki hubungan dengan pemerintah di Gaza, yang dikuasai Hamas, yang merupakan cabang dari Ikhwanul Muslimin dan mendapat keuntungan dari dukungan resmi Turki.” demikian dilansir Middle East Update.

Sebelumnya, diberitakan Turki telah membuat persyaratan dalam usaha pemulihan hubungan diplomatik dengan Israel, yaitu Tel Aviv harus meminta maaf atas serangan terhadap armada Freedom Flotilla yang mengirimkan bantuan ke Gaza pada tahun 2010, membayar kompensasi bagi keluarga dari 9 warga Turki yang terbunuh dalam serangan oleh pasukan komando Israel dan mengangkat blokade di Jalur Gaza.

Sampai saat ini, Israel hanya setuju untuk meminta maaf dan membayar kompensasi. Sementara itu, Perdana Menteri Netanyahu telah menegaskan bahwa ia tidak akan mengangkat pengepungan di jalur Gaza. [middleeastupdate/islamedia]

Facebook Comments