Masjid ini Unik dan Berdiri Kokoh di Gaza Palestina

Di antara sekian banyak masjid yang terdapat di Gaza, Palestina, ada salah satu masjid yang megah, indah dan berdiri kokoh di Pantai Mediterania, Gaza Utara.

Masjid tersebut bernama Al-Khaldi. Di masjid tersebut, salat 5 waktu selalu penuh dengan jamaah. Terlebih di bulan Ramadhan, masjid ini dibanjiri belasan ribu Jamaah oleh Warga Gaza untuk sholat Taraweh, untuk meraih saf depan maka 2 jam sebelumnya anda sudah harus berada di Masjid, karena jika anda datang 40 menit sebelum sholat Isya maka sudah pasti tidak kebagian tempat walaupun di teras Masjid.

Diberitakan Suara Palestina, masjid yang pembangunannya menghabiskan biaya 17 Miliar ini merupakan hasil Wafaq pribadi dan Hadiah dari keluarga Dermawan Al-Khaldi Bersaudara, salah satu orang terkaya di Jalur Gaza Palestina bernama Almukarrom (Semoga Allah SWT Meridhoi Beliau) Haji Yusuf Abdul Aziz Al-Khaldi.

Masjid Al-Khaldi memiliki luas bangunan sekitar 650 Meter persegi daya tampung 800 Jamaah, memiliki 3 pintu Masuk, 3 teras dan dengan luas halaman atau pelataran, luas area Masjid Khaldi 1700 Meter persegi. Peletakan Batu pertama oleh DR.Ust.Ismail Haniyah pada Hari Ahad 10 Ramadhan 1431 H / 20 Agustus 2010.

Proses pembangunan memakan waktu 3 Tahun, dekorasi dan kubah Masjid langsung didatangkan langsung dari Turki beserta para tukang ahli pun didatangkan dari Turki

Keseluruhan dinding dihiasi keramik Marmer atau batu alam asli Palestina, memiliki 2 ruangan yaitu lantai badroom tempat sholat Muslimah dan lantai dasar untuk Pria.

Jika musim panas, masjid Khaldi tidak report lagi menyalakan AC atau pendingin karena pintu utamanya terbuka langsung membelakangi lepas pantai Mediternia Gaza Palestina, walau pun masing-masing ruangan dilengkapi AC. [suarapalestina/islamedia]

Facebook Comments