Lewat Film ‘Anime’ Yang Mengharukan ini, Muslim Jepang Galang Dana Pembangunan Masjid

Cuplikan film Anime karya Asosiasi Muslim Shizuoka untuk Galang Pembangunan Masjid (youtube)

Islamedia – Jepang merupakan negara yang dikenal dengan para kreator dalam bidang seni animasi atau Anime, tak terkecuali umat Islam yang ada disana.

Lewat film Anime, umat muslim di Jepang mengumpulkan donasi untuk pembangunan masjid, hal ini seperti yang dilakukan oleh Asosiasi Muslim Shizuoka, Jepang.

Ide untuk membuat film anime oleh Muslim kota Shizuoka ini tercetus pada pertengahan tahun 2015.

Mereka membuat satu video, yaitu video tentang kehidupan masyarakat Gaza yang mengubah dunia. Video berdurasi dua menit dan mengharukan tersebut menarik perhatian warga Jepang untuk berdonasi.

Sejak video itu dirilis pada Juni 2015, donasi kian meningkat. Uang sejumlah 20 juta yen (AS$171.000) langsung terkumpul. Tapi, biaya ini masih jauh dari target 300 juta yen untuk biaya pembangunan masjid terkumpul.

Mengapa biaya pembangunan itu sangat besar? Ternyata proyek ini juga sangat besar.

Seperti dikutip di situs http://muslimjapan.com/, Proyek pembangunan itu tak hanya berupa tempat ibadah, tetapi juga tempat pertukaran ilmu pengetahuan antara muslim dan warga setempat membuka kelas Bahasa Arab, pendirian Sekolah, dan sebagainya.

“Masjid ini dengan simbol Jepang, yaitu Gunung Fuji, di latar belakang yang akan menarik wisatawan Muslim untuk datang ke Shizuoka. Dan dengan itu, ini akan menguntungkan ekonomi lokal,” kata Yassine Essaydi (36) perwakilan asosiasi seperti dikutip dalam situs tersebut.

Apabila proyek ini telah usai, maka masjid ini pun akan menjadi yang terbesar ketiga di Jepang. Selain di prefektur Shizuoka, sudah ada dua bangunan masjid di kota Hamamatsu dan Fuji.[islamedia/tribun/YL]

Facebook Comments