Kunjungi Kedubes Azerbaijan, KAMMI Jajaki Peluang Kerja Sama

Dalam rangka memperluas jaringan, Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) mengunjungi Kantor Kedutaan Besar Republik Azerbaijan di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/1/2016). Rombongan diterima langsung oleh Habib Mammadov selaku Sekretaris Duta Besar Azerbaijan.

Ketua Umum PP KAMMI Kartika Nur Rakhman mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk membuka peluang kerja sama pemuda antara Indonesia-Azerbaijan dan kawasan di sekitarnya.

“Sebagai organisasi mahasiswa di era global, adalah keniscayaan bagi KAMMI untuk membangun dialog dan membuka peluang kerja sama mahasiswa dan pemuda lintas negara,” jelas Nur Rakhman.

Melalui kunjungan itu juga, tambah Nur Rakhman, KAMMI diharapkan mampu membangun hubungan kebudayaan antara dua negara.

Senada dengan Nur Rakhman, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI Adhe Nuansa Wibisono menambahkan, KAMMI bisa belajar tentang kekayaan kebudayaan Azerbaijan.

“Azerbaijan sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim dan multikultural dapat menjadi salah satu model yang perlu KAMMI pelajari,” imbuhnya.

Wibisono memandang Azerbaijan adalah salah satu “jembatan dua dunia” yang menghubungkan Asia-Eropa. Sehingga, menurutnya, adalah penting dan menarik untuk mempelajari lebih lanjut ihwal Azerbaijan.

Sementara itu, Habib Mammadov mengaku senang menerima kunjungan KAMMI. Dirinya melihat ada kesamaan antara Azerbaijan dan Indonesia dalam hal ragam budaya.

“Indonesia dan Azerbaijan sama-sama memiliki kekayaan budaya dan etnis. Insya Allah ke depan kita bisa jalin kerja sama dalam berbagai bidang, khususnya di bidang kebudayaan dan pembangunan kapasitas pemuda,” katanya.

Terkhusus pembangunan kapasitas pemuda, Habib menyebut hal itu perlu dilakukan guna meningkatkan pengetahuan pemuda Muslim sebagai bekal berkarya sekaligus menghindarkan dari kemungkinan bergabung dengan gerakan terorisme atau sejenisnya. [rilis/islamedia]

Facebook Comments